PERSALINAN NYAMAN DENGAN ILA

Salah satu kecemasan para ibu menjelang persalinan adalah menghadapi rasa nyeri. Apalagi bagi calon ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mengakibatkan konsentrasi calon ibu selama proses persalinan akan terganggu.

Nyeri persalinan sebenarnya adalah suatu hal yang normal, yaitu timbul akibat konsentrasi rahim pada proses pembukaan jalan lahir. Tetapi tanggapan terhadap rasa nyeri pada setiap orang berbeda. Bagi yang sangat sensitive, nyeri persalinan akan sangat berpengaruh sekali, sehingga bisa berakibat mengganggu proses persalinan itu sendiri.

Berkat kemajuan teknologi di bidang kedokteran, kini bagi calon ibu yang tidak sanggup menahan rasa nyeri selama persalinan normal, dapat menggunakan teknik Intrathecal Labor Analgesia (ILA).

 Intrathecal Labor Analgesia (ILA)

Tehnik ILA telah dikembangkan di Amerika sejak awal tahun 1990. Metode ILA adalah dengan menyuntikan obat penghilang nyeri ke urat syaraf di tulang belakang bagian bawah, sehingga mampu menghilangkan rasa nyeri. Obat ini hanya bekerja pada syaraf, sehingga tidak terserap pembuluh darah dan tidak masuk ke tubuh bayi. ILA tidak mengurangi kemampuan ibu mengedan, justru memberikan rasa nyaman pada saat mengedan, karena tidak disertai rasa nyeri.

Persalinan ILA dilakukan oleh Dokter Spesialis Kebidanan bersama Anestesiologi. Pemberian obat penghilang nyeri dilakukan pada persalinan tahap pembukaan 4, dimana rahim berkontraksi secara intens dan sering, dan rasa nyeri mulai meningkat. Setelah obat disuntikan, ibu tetap sadar dan pada sebagian besar ibu pada umumnya mengalami perbaikan pola kontraksi. Selebihnya persalinan berjalan seperti persalinan normal biasa, dan hilangnya rasa nyeri bertahan selama kurang lebih 12 jam.

 Efek samping dari ILA

Efek samping dari persalinan dengan metode ILA yang mungkin terjadi seperti mual, muntah, penurunan tekanan darah, serta gatal-gatal ringan. Untuk itu Dokter Soesialis Kebidanan dan Anestesiologi akan membantu mengatasi efek tersebut.

Bagi ibu yang tertarik mencoba metode ini, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kebidanan.

RSIA Tambak melayani persalinan dengan ILA. Namun sebelumnya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

Untuk  informasi lebih lanjut dan pendaftaran konsultasi  silakan hubungi RSIA Tambak 021 2303444

CategoryKesehatan Wanita
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

2014 © Copyright - RSIA Tambak by Incode Online

Nomor telp UGD      021-2303444