Persalinan Nyaman dengan Hypnobirthing

Melahirkan merupakan proses alami yang akan dialami semua wanita. Namun rasa sakit pada saat melahirkan akan menimbulkan rasa stress bahkan kadang dimulai jauh hari sebelum saatnya tiba.  Sehingga pada saat persalinan tiba, perasaan sakit yang dirasakan lebih parah dari yang seharusnya.

Akan sangat menyenangkan apabila persalinan yang terjadi dirasakan dengan rasa sakit yang minimal atau bahkan tanpa rasa sakit. Hal itu dapat terjadi apabila kita telah melakukan pelatihan hypnobirthing.

Hypnobirthing merupakan metode alami yang digunakan untuk menghilangkan rasa takut, sakit, panik, tegang, dan tekanan-tekanan lain yang menghantui ibu dalam proses persalinan. Hypnobirthing mengacu pada hipnoterapi, yaitu latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar oleh ibu untuk mendukung alam bawah sadar ibu yang mengendalikan tindakan sang ibu dalam proses persalinan.

Manfaat hypnobirthing ;

  1. Meminimalkan dan bahkan menghilangkan rasa takut, tegang, sakit dan panik selama dan sesudah masa persalinan sehingga menjadi relaks pada saat sebelum, saat dan sesudah persalianan.
  2. Mencapai ketenangan diri saat persalinan. Emosi dan jiwa yang tenang membuat ibu tidak berteriak, histeris, menjerit saat menahan kontraksi karena telah siap mental.
  3. Meminimalkan keinginan menggunakan obat bius atau keinginan untuk operasi caesar.
  4. Mempersingkat fase proses awal persalinan.
  5. Menghilangkan rasa letih yang amat sangat, sehingga setelah proses kelahiran ibu masih punya tenaga.
  6. Mempercepat masa pemulihan pasca persalinan.
  7. Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis.
  8. Mempererat ikatan batin, ibu terhadap bayi dan suami.

Tehnik hypnobirthing

  1. Mantap dan tenangkan hati saat hendak melakukan hypnobirthing. Dalam kondisi relaks, tubuh memproduksi hormon endorfin sebagai anestesi alami yang akan menggantikan hormon stress yang memicu rasa sakit.
  2. Latihan hypnobirthing dapat dilakukan kapan saja, namun umumnya dimulai pada usia kehamilan 7 bulan dan 2 minggu sebelum persalinan. Untuk berlatih dapat juga dilakukan di rumah 2 kali sehari.
  3. Posisi tubuh senyaman mungkin, boleh duduk atau berbaring. Jika berbaring dengan posisi menyamping ke kiri untuk memperbaiki aliran darah ke rahim atau plasenta.
  4. Kondisi tubuh relaks. Pejam mata dan bernafas dalam melalui hidung, perlahan tetapi teratur. Relaksasi otot diseluruh tubuh dan istirahatkan pikiran.
  5. Bayangkan proses persalinan yang menyenangkan, bahagia, lancar serta  bayi lucu dan sehat.
  6. Tanamkan sugesti bahwa dapat melahirkan normal dengan bayi sehat
  7. Gunakan tehnik masuk bawah sadar dengan cara idiomotorik (gerakan tangan alami dan otomatis di bawah alam sadar) atau tanpa cara idiomotorik
  8. Akhiri dengan regangkan otot-otot, rileks dan tarik nafas panjang kemudian buang perlahan-lahan melalui hidung. Lalu kembali ke keadaan normal dan tidur.

 

RSIA Tambak melayani pelatihan hypnobirthing setiap hari:

Senin sampai Jumat jam 10.00-14.00

Sabtu jam 10.00-18.00

Kami juga melayani pendampingan persalinan dengan hypnobirthing.