Pertumbuhan Janin Dan Perubahan Ibu Hamil Dari Minggu Ke Minggu

Pertumbuhan Janin  Dan Perubahan Ibu Hamil Dari Minggu Ke Minggu

Tri Mester Pertama

Minggu ke

Perkembangan Janin

3-4 Janin sebesar beras (6 mm), Janin secara genetik sudah terbentuk merupakan paduan ibu dan ayah.
4-5 Struktur badan mulai terbentuk menjadi lonjong, sistemperedarah darah sederhana sudah mulai terbentuk.
5-6 Panjang janin sekitar 12 mm. Kepala mulai terbentuk dan  jantung mulai berdenyut. Pada pemeriksaan USG dapat terdeteksi denyut jantung janin. Pembuatan otak sudah mulai terbentuk
6-8 Semua organ mulai terbentuk dan panjang janin sekitar 2 cm dan berat sekitar 15 gram. Janin mulai bergerak (tetapi belum dapat dirasakan ibu). Janin sudah mulai memiliki bentuk. Jantung sudah memiliki 4 rongga. Kelamin sudah mulai terbentuk.
9-10 Tangan sudah mulai dapat digerakkan. Jensi kelamin bayi sudah mulai dapat terdeteksi dengan bantuan alat USG. Sisitem otot dan syaraf sudah terbentuk.
11-12 Rambut, kuku dan jari sudah mulai tumbuh.

 

Tri Mester Kedua

Minggu ke

Perkembangan Janin

13-14 Janin sudah berbentuk, semua organ juga sudah terbentuk. Janin dapat menggeliat, menganggukan kepala, dan menguap. Panjang sekitar 100 mm dan berat 25 gram.
15-16 Gerakan bayi sudah dapat dirasakan ibu, kaki sudah mulai menendang ke dinding rahim ibu. Gerakan kaki dan tangan sudah mulai dapat dirasakan ibu terutama pada kehamilan kedua. Namun pada kehamimilan pertama baru dapat dirasakan pada usia kehamilan 18-20 minggu
17-18 Tulang dagu terbentuk begitu pula dengan cikal bakal sidik jari. Panjang sekitar 10 inchi. Plasenta sudah lengkap dan sudah memberikan makanan dan oksigen ke janin.Janin mulai dapat menelan air ketuban dan mengeluarkan air seni melalui saluran kencing. Pada usia kehamilan 18-24 minggu, dengan pemeriksaan USG detail scan dapat terdeteksi adanya kelainan bawaan janin.
19-20 Berat janin 300 gram. Janin sudah dapat mengolah bilirubin. Mata sudah dapat berkedip. Sistem saraf sudah semakin sempurna dan sudah memproduksi cairan otak.
21-22 Organ tubuh sudah terbentuk semua, tinggal penyempurnaan dan pematangan. Wajah kelihatan berisi. Kantung udara di paru-paru terbentuk
23-24 Berat sekitar 700 gram, saraf-saraf mulai sensitif, bahkan janin sudah mulai bisa menghisap jari. Tulang belakang semakin kuat dan janin mulai merespon sentuhan ibu. Jumlah air ketuban makin bertambah menjadi 400 ml.

 

Trimester Akhir

Minggu ke

Perkembangan Janin

25-26 Struktur otak sudah seimbang perkembangannya, kelopak mata sudah terbuka, sudah dapat menangkap cahaya. Janin sudah mulai teratur bernafas karena alveola (kantong udara) sudah terbentuk. Denyut jantung terdengar jelas
27-28 Kulit sudah halus tidak berkeriput. Gerakan kaki dan tangan sudah sering dilakukan. Organ seksual sudah lebih berkembang sempurna. Mata sudah terbuka. Tulang sumsum sudah menghasilkan sel darah merah.
29-30 Mata semakin sempurna sehingga penglihatan lebih fokus. Posisi tubuh sudah mulai mempersiapkan untuk proses kelahiran, kepala menuju ke bawah rahim
31-32 Lemak yang terbentuk di bawah lapisan kulit membuat warna kulit menjadi kemerahan. Perkembangan tulang sudah sempurna dan mulai dapat mengatur suhu tubuh. Proporsi tubuh sudah sempurna. Kuku mulai memanjang.
33-34 Sudah terbentuk surfactant untuk perekembangan paru-paru. Tangan, kaki, dan perut mulai gemuk karena produksi lemak meningkat. Wajah lebih ekspresif.
35-36 Kepala sudah berada di bawah. Paru-paru sudah matang. Jemari sudah bisa mengepal.
  • Rabu, 26 November 2014

  • Best view 1024 x 768. Copyright © Tahun 2014 Rumah Sakit Ibu dan Anak TAMBAK. All Rights Reserved.